Wednesday , May 29 2024

Implementasi Materai Elektronik dalam Seleksi CASN 2023

Surat Edaran Plt. Kepala BKN Nomor 9 Tahun 2021 telah memberikan panduan terkait penggunaan materai dalam dokumen seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). Panduan tersebut menguraikan beberapa aturan yang harus diikuti, yakni:

meterai 2023

  1. Penggunaan materai tempel atau kertas materai yang baru dan belum pernah digunakan sebelumnya adalah wajib.
  2. Materai yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, seperti materai hasil unduhan atau hasil edit gambar dari internet, tidak diizinkan.

Sebagai langkah lanjutan sesuai dengan Surat Edaran tersebut, SSCASN telah merumuskan kebijakan untuk mengadopsi penggunaan materai elektronik (e-materai) dalam dokumen seleksi. E-materai ini akan diintegrasikan dengan PERUM PERURI, yang bertanggung jawab atas penerbitan materai.

Setelah melakukan pembelian atau pengisian kuota e-materai, pengguna dapat secara langsung memasang e-materai ini melalui situs resmi https://meterai-elektronik.com atau melalui akun SSCASN masing-masing setelah pembelian kuota e-materai selesai. Dengan demikian, implementasi materai elektronik akan menjadi salah satu langkah inovatif dalam proses seleksi CASN yang lebih efisien dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

About Faisal Saleh