Monday , February 26 2024

Peluang Studi dan Karier Ekonomi Islam: Keunggulan dan Prospek Karier

Studi dan Jurusan Ekonomi telah lama menjadi bagian dari kurikulum pendidikan di Indonesia. Namun, apakah Anda sudah mengetahui tentang keberadaan Jurusan Ekonomi Islam?

Keunggulan lulusan S1 Ekonomi Islam tidak hanya terletak pada pemahaman mereka mengenai ekonomi dan bisnis secara umum, tetapi juga pada pemahaman mendalam mengenai prinsip ekonomi Islam. Hal ini menjadi nilai tambah yang signifikan, mengingat jumlah masyarakat muslim yang sangat besar di dunia.

Dengan berkembangnya industri halal, serta ekonomi dan keuangan syariah, peluang bagi lulusan untuk bekerja di sektor umum yang sesuai dengan prinsip Islam atau di industri syariah semakin luas.

Meskipun merupakan salah satu cabang Ilmu Ekonomi, Jurusan Ekonomi Islam tergolong langka di Indonesia. Tidak semua universitas menyediakan program studi ini.

Jurusan Ekonomi Islam menawarkan bidang karier yang cukup luas. Mari kenali lebih dekat dengan jurusan langka ini.

Ekonomi Syariah

Mata Kuliah Jurusan Ekonomi Islam berusaha untuk mengkaji ekonomi makro dan mikro berbasis syariah. Menurut laman Universitas Indonesia, jurusan ini didirikan untuk memenuhi kebutuhan pemerintah dan swasta akan tenaga analis ekonomi syariah.

Mempelajari Ekonomi Islam memiliki nilai tambah tersendiri, mengingat jumlah masyarakat muslim yang banyak di dunia dan berkembangnya industri halal, ekonomi, dan keuangan syariah. Peluang lulusan untuk bekerja di sektor umum sesuai dengan prinsip Islam atau di industri syariah semakin luas.

Prospek karier lulusan Ekonomi Islam juga cukup luas, mencakup posisi sebagai analis ekonomi di perusahaan atau institusi penelitian, bankir, pegawai pemerintahan, tenaga advokasi lembaga swadaya masyarakat (LSM), atau akademisi.

Ekspansi Internasional Jurusan Ekonomi Islam juga dapat ditempuh di Universitas Airlangga (Unair), dengan kesempatan untuk mengikuti program double degree dengan Section University di Belanda. Selain itu, dalam student mobility, mahasiswa dapat mengikuti summer school dengan topik Ketahanan Pangan (Food Security), Keberlanjutan (Sustainability), dan Keuangan Islam (Islamic Finance).

Peluang magang juga sangat beragam bagi mahasiswa Ekonomi Islam, yang dapat dilakukan di berbagai tempat, termasuk Microsoft, Bank Syariah, dan perusahaan multinasional lainnya.

Beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menawarkan Jurusan Ekonomi Islam antara lain:
1. IPB University
2. Universitas Indonesia (UI)
3. Universitas Brawijaya (UB)
4. Universitas Airlangga (Unair)
5. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
6. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
7. Universitas Mulawarman (Unmul)
8. Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII)

About Faisal Saleh