Monday , February 26 2024

Ebook: Himpunan Peraturan Perundang-Undangan yang Berkaitan Dengan Kompilasi Hukum Islam

Ebook:
Himpunan Peraturan Perundang-Undangan yang Berkaitan Dengan Kompilasi Hukum Islam Dengan Pengertian Dalam Pembahasannya.

Untuk memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang permasalahan yang menyangkut “Kompilasi Hukum Islam” ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu secara khusus bagaimana pengertian “kompilasi” itu sendiri. Hal ini, dianggap perlu mengingat masih banyak di antara kita yang belum memahami secara betul pengertian tersebut. Kenyataan yang demikian disebabkan oleh karena istilah tersebut. Kenyataan yang demikian disebabkan oleh istilah ini memang kurang populer digunakan baik dalam pergaulan sehari-hari, praktik bahkan dalam kajian hukum sekalipun.

Bilamana kita membuka kamus-kamus dan ensiklopedi Indonesia kita tidak menemukan istilah “kompilasi” di dalamnya yang berarti hingga sekarang ia masih belum diterima secara meluas dalam bahasa Indonesia. Begitu pula dalam buku-buku hukum berbahasa Indonesia kita tidak menemukan uraian tentang apa itu kompilasi, bagaimana kedudukannya, dasar keabsahannya dan sebagainya.

Dalam kajian hukum kita hanya mengenal istilah “kodifikasi” yaitu pembukuan satu jenis hukum tertentu secara lengkap dan sistematis dalam satu buku hukum. Dalam praktik kodifikasi yang demikian diterjemahkan dengan istilah “Kitab Undang-undang” (Wetboek) yang dibedakan dengan “Undang-undang” (wet) seperti Kitab Undang-undang Hukum Pidana (Wetboek van Straff echt), Kitab Undang-undang Hukum Perdata (Burgerlijk Wetboek), Kitab Undang-undang Hukum Dagang (Wetboek van Koophandel) dan lain-lain. Selain itu, kita masih mengenal adanya Undang- undang Pokok Agraria, Undang-undang Perkawinan, Undang-undang Lingkungan Hidup yang hanya disebut sebagai undang-undang saja. Apa yang disebutkan terakhir biasanya hanya mencakup salah satu sektor saja dari hukum sedangkan kodifikasi meliputi bidang yang lebih luas karena dapat menyangkut bidang hukum perdata secara keseluruhan, bidang Hukum Pidana dan bidang Hukum Dagang yang sudah barang tentu  materinya jauh lebih banyak daripada hanya sekedar sebuah Undang-undang biasa.

Himpunan Peraturan Perundang-Undangan KHI

Baik Kitab Undang-undang maupun Undang-undang saja pembentukannya ditetapkan secara resmi melalui suatu prosedur yang bersifat khusus. Istilah “Wet” atau “Wetboek” dalam bahasa Belanda yang kita terjemahkan dengan Undang-undang atau Kitab Undang-undang selalu mengacu pada bentuk formal yang sudah tertentu pada peringkat tertentu dalam pertingkatan peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Negara kita. Ini nantinya akan menunjukkan perbedaan dengan kompilasi yang mempunyai makna hampir sama namun mencakup bahan hukum yang beraneka macam dan tidak dibuat dengan maksud untuk mengacu pada satu bentuk tertentu dari produk hukum seperti misalnya di Indonesia ia dapat berbentuk Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Keputusan Presiden bahkan juga dapat dibuat secara tidak resmi dalam artian tidak ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagaimana halnya dengan kodifikasi yang istilahnya diambil dari perkataan bahasa Latin maka istilah kompilasipun diambil dari bahasa yang sama. Istilah “Kompilasi” diambil dari perkataan “compilare” yang mempunyai arti mengumpulkan bersama-sama, seperti misalnya mengumpulkan peraturan-peraturan yang tersebar berserakan dimana-mana. Istilah ini kemudian dikembangkan menjadi “Compilation” dalam bahasa Inggris atau “Compilatie” dalam bahasa Belanda. Istilah ini kemudian dipergunakan dalam bahasa Indonesia menjadi “Kompilasi” yang berarti terjemahan langsung dari dua perkataan yang tersebut terakhir. Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan kompilasi itu? Dalam Kamus Lengkap Inggris Indonesia – Indonesia Inggris yang disusun oleh S. Wojowasito dan WJS Poerwadarminta disebutkan kata “compilation” dengan terjemahan “karangan tersusun dan kutipan buku-buku lain (Wojowasito, 1982: 88). Sedangkan dalam kamus Umum Belanda Indonesia yang disusun oleh S. Wojowasito kata “Compilatie” dalam bahasa Belanda diterjemahkan menjadi “kompilasi” dengan keterangan tambahan “kumpulan dari lain-lain karangan” (Wojowasito, 1981: 123).


Selengkapnya silahkan download ebook

download

About Faisal Saleh

Check Also

RUMUSAN HUKUM KAMAR AGAMA TAHUN 2012 (SEMA NOMOR 07 TAHUN 2012)

RUMUSAN HUKUM KAMAR AGAMA TAHUN 2012 (SEMA NOMOR 07 TAHUN 2012) Rapat Pleno Kamar Agama …