Monday , February 26 2024

Rencanakan Pengumuman Rekrumen CPNS 2024 Awal Januari 2024

Pemerintah telah merencanakan rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) di Indonesia untuk tahun 2024 memiliki fokus yang cukup jelas. Jokowi akan mengumumkan rekrutmen tersebut pada minggu pertama bulan Januari 2024. Salah satu poin pentingnya adalah penekanan pada penerimaan lulusan baru, khususnya yang berbakat dalam bidang digital.

penerimaan-cpns-2024Menteri PAN-RB Azwar Anas menegaskan bahwa penerimaan CPNS 2024 akan memprioritaskan talenta digital, terutama yang dapat mendukung transformasi digital di sektor-sektor seperti pertanian. Hal ini penting mengingat peran teknologi dalam pengembangan sektor-sektor kunci di Indonesia.

Namun, perlu dicatat bahwa pemenuhan formasi PNS di tahun depan masih memfokuskan pada kebutuhan dasar seperti guru dan tenaga kesehatan. Selain itu, rekrutmen akan memperhitungkan kebutuhan ASN (Aparatur Sipil Negara) di berbagai instansi pusat, daerah, serta lulusan dari sekolah kedinasan.

Pemerintah juga akan memusatkan perhatian pada penyelesaian permasalahan non-ASN sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN. Ini menunjukkan adanya upaya untuk menyelesaikan isu-isu terkait ASN yang tidak hanya berkaitan dengan rekrutmen, tetapi juga aspek legal dan struktural lainnya. Penerimaan cpns akan dilakukan melalui sistem yang saat ini sudah makin disempurnakan oleh BKN melalui portal sscasn.

Semoga rencana-rencana ini dapat memberikan kesempatan yang lebih besar bagi lulusan baru, terutama yang memiliki keahlian dalam bidang digital, untuk berkontribusi dalam pembangunan negara.

About Faisal Saleh